Sebagai salah satu sumber
informasi terekam, arsip mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting
untuk mendukung proses manajemen organisasi baik pemerintah maupun
bisnis. Oleh karena itu pengelolaan dokumen merupakan langkah awal yang
perlu dibenahi untuk meningkatkan efesiensi kerja. Di lingkungan
pemerintahan, arsip merupakan dokumen penyelenggaraan pemerintahan dan
pembangunan yang memiliki arti sangat penting dalam pertanggungjawaban
tentang perencanaan dan pelaksanaan pemerintahan serta pembangunan
selanjutnya.
Seiring dengan semakin membengkaknya
jumlah arsip yang harus ditangani dan perkembangan teknologi informasi
saat ini maka sangat diperlukan suatu sistem manajemen kearsipan yang
terkomputerisasi atau disebut dengan Sistem Informasi Kearsipan. Secara
umum, Sistem Informasi Kearsipan adalah suatu sistem informasi yang
mengelola data yang menyangkut pengumpulan, pengelolaan, pemusnahan,
pencetakan laporan dan pencarian kembali arsip yang berbasis komputer
sehingga mampu mengelola arsip dengan lebih efektif dan efesien dan pada
akhirnya dapat memberi masukan informasi secara aktual dan akurat
tentang perumusan kebijakan, strategi dan program pembangunan.
Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan
ini dikembangkan dengan berbasis web. Untuk masuk atau login ke aplikasi
ini pengguna perlu web browser untuk menjalankannya dan arahkan web
browser ke alamat (web address) yang ditentukan administrator/pengelola
sistem. Web browser yang dapat digunakan antara lain MS. Internet
Explorer, Netscape, Mozilla Firefork atau web browser yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar